Suzuki GSX-RR Masih Letoy, Problem Sasis Baru ? Holeshot Belakang ? Arm Lama ?

BeritaBalap.com-Perfoma duet tim Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins masih jauh dari harapan. Terlebih Joan Mir yang merupakan juara dunia MotoGP 2020. Belum juga podium runner-up dalam 9 seri MotoGP 2021, apalagi podium terbaik alias jawara.

Memang berada di posisi ke-4 tetap berjarak 56 poin dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang pimpin klasemen sementara. Alex Rins bahkan kerap crash hingga hanya berada di urutan ke-14 saja. Pernah dalam 5 putaran tidak beroleh satu poin pun.

BACA (JUGA) : Pernah 9 Tahun Bersama, Lorenzo Ungkap Penyebab Vinales Pisah Dengan Yamaha

koizumi

Menarik untuk mencermati apa yang sebetulnya menjadi problem pada Suzuki GSX-RR. Paling tidak ada 3 hal yang menjadi masalah krusial. Tidak hanya bicara perangkat holeshot bagian belakang yang belum dipakai, juga soal sasis dan rangka.

Sehubungan holeshot belakang yang belum dimiliki, maka diklaim Alex Rins, mereka tertinggal 0,4 detik/lap karena pacuan-pacuan Ducati, Honda, Yamaha dan KTM dapat menurunkan bagian belakang mereka saat keluar tikungan dalam momen akselerasi. Alhasil, rivalnya menjadi lebih responsif.

BACA (JUGA) : Vinales Itu Bukan Minta Keluar Tapi Dipaksa Pergi Yamaha

Pada sisi lain, Suzuki juga masih menggunakan sasis musim 2020. Belum berani pakai yang terbaru dengan alasan belum kerap dilakukan pengujian. Konteks ini yang menjadi masalah karena pabrikan lain menggunakan sasis baru yang notabene menyempurnakan rangka 2020.

Termasuk belum berani juga menggunakan swingarm atau lengan ayun baru. Masih aplikasi 2020. Suzuki masih terlena dan terlalu pede dengan perangkat 2020 saat mereka meraih juara dunia MotoGP. Ini yang salah karena rival-rivalnya tidak jalan di tempat, terus melakukan riset dan pengembangan. BB1

Klasemen Sementara MotoGP : 

Facebook Comments

You May Also Like