Suzuki Mundur MotoGP Karena Tidak Ada Sponsor Utama Bernilai 150 Milyar/Tahun ?

BeritaBalap.com-Suzuki diberitakan akan mundur dari MotoGP 2023. Infonya keputusan sudah dibuat dari principal Jepang dan sudah pula dikomunikasikan kepada manajemen tim Suzuki Ecstar dalam rangkaian tes Jerez Spanyol.

BACA (JUGA) : Bos Dorna Sports Langsung Bergerak Cari Tim Baru Setelah Kabar Hengkangnya Suzuki 2023

Tentu saja, ini berita yang sangat mengagetkan. Terlebih kontrak Suzuki dengan Dorna Sports disepakati hingga musim 2026. Menarik untuk memperkirakan, apa yang menjadi sumber masalahnya ?

koizumi

Dipastikan masalah ini berhubungan erat dengan kemampuan finansial. Dilansir dari Tuttomotoriweb, problem Suzuki bersumber pada belum adanya sponsor utama tim yang memberikan kontribusi uang yang signifikan seperti Repsol di Honda, Monster Energy pada Yamaha, Red Bull di KTM ataupun Lenovo di Ducati.

BACA (JUGA) : Ini Respon Joan Mir Soal Isu Suzuki Cabut Dari MotoGP 2023, Langsung Cari Tim ?

Bagaimana dengan produk oli Ecstar ? Itu masih dalam satu holding atau satu payung dengan Suzuki. Jadi tidak memberikan angka yang signifikan seperti sponsor-sponsor tersebut diatas yang diperkirakan bernilai 15 jutra euro atau lebih. Jadi lebih dari Rp. 150 milyar.

Tentu saja, dalam masa pendemi Covid-19 yang sudah dilalui adalah berat bagi Suzuki untuk mengeluarkan budget dana MotoGP sebesar ratusan miliar ditengah penjualan motornya yang juga tidak spesial. Kondisinya bisa diilustrasikan dengan kondisi penjualan Suzuki di Indonesia. BB1

Facebook Comments

You May Also Like