Terbukti Favoritnya Modifmania Brake System by RCB, Kinerja Jos dan Tampilan Yes

BeritaBalap.com-Tentu saja, bicara perangkat brake system atau pengereman sangat krusial dan sangat penting ketika berkendara motor. Wajib hukumnya punya kinerja yang optimal. Tidak bisa ditawar. Bahaya nantinya.

Oh ya, pemahaman dari berbagai perangkat yang masuk dalam konteks brakes system adalah brake house (selang rem), Caliper (kepala babi), Disc (cakram), Master Pump (master rem).

Nah, seiring perkembangan dunia otomotif, terbukti banyak orang yang ingin melihat tampilan motornya kelihatan lebih mewah dengan cara dimodifikasi. Tentunya langkah yang harus dilakukan adalah mengganti part standartny  dengan produk aksesoris aftermarket.

koizumi

Ada pertanyaan menarik nih, kenapa para pecinta modifikasi lebih memilih body part aksesoris aftermarket ? Alasan jelasnya karena part aksesoris lebih banyak memiliki model, kemudian warnanya juga bervariasi. Ini yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga part aksesoris lebih dominan dipakai dimotor modifikasi.

Dari sekian banyak body part aksesoris aftermarket yang dipasarkan di Indonesia, maka yang sekarang ini lagi trend dikalangan modiflover’s adalah body part aksesoris RCB atau sering disebut Racing Boy yang notabene berasal dari Malaysia. Body part aksesoris RCB belakangan ini memang lagi menjadi barang buruan bagi pecinta atau pelaku dunia modifikasi motor.

Banyak alasan kenapa para pecinta modifikasi lebih memilih bodypart aksesoris RCB ? Seperti yang diungkapkan oleh modifikator handal, yang biasa membangun modifikiasi motornya dengan aliran airbrush baik realis maupun grafis. Siapa lagi kalau bukan Bro Angga dari bengkel modif sekaligus toko aksesoris ARM motor yang berada di Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat No. 21, RT.10/RW.6, Jatinegara, Kec. Cakung, Jakarta Timur.

Menurut bro Angga, part aksesoris RCB sudah lama dikenal oleh kalangan pecinta modifikasi maupun komunitas motor. “Saya sendiri sangat suka dengan modifikasi. Boleh dibilang saya konseptor modif. Sudah banyak saya mengkonsep motor modif beraliran airbrush maupun fashion. Yang jelas ,untuk pelengkap modifikasi saya, buat part aksesorisnya saya selalu memakai RCB.

Terutama buat sistem pengeremannya, part RCB selalu saya libatkan. Masalahnya modelnya cakep, dan fungsionalnya jangan diragukan lagi, ”ungkap bro Angga yang juga pendiri dua club motor. Baik itu buat Ninja Custom Club (NCC), maupun Yamaha Nmax Custom Club yang juga disingkat NCC.

Angga ARM (kanan-bertopi), Konseptor Modif Aliran Airbrush dari Toko Aksesoris ARM Motor

Memang benar apa yang disampaikan bro Angga. Karena hampir semua motor modifikasi Yamaha Nmax yang tergabung di komunitas NCC yang didirikan oleh bro Angga.  Untuk sistem pengeremannya terutama bagian calipernya pasti memakai RCB, baik yang model S1, S2, maupun S3. Memang itu fakta dilapangan.

Sekarang ini untuk part akseoris RCB terutama buat brake system, sudah banyak dipasang di motor-motor gacoan kontes modifikasi. Dan sudah mulai merata dikalangan modif lover’s tanah air yang doyan kontes.Sebagian part aksesorisnya yang terpasang di motor modifikasinya yang sering turun kontes, pasti menggunakan part RCB.

Bisa dibuktikan digelaran kontes modifikasi yang baru saja di gelar di Manado beberapa waktu yang lalu. Hajatan anak komunitas motor Manado FU Rider, yang tidak lain adalah anak-anak penggeber motor Suzuki Satria FU. Dalam memperingati universary komunitasnya yang ke 5 tahun.

Kontes modifikasi dengan banyak membuka kelas itu, dilangsungkan di dalam area parkir Lippo Plaza di jantung kota Manado. Banyak motor-motor modifikasi karya anak-anak modif lover’s Manado yang sabagian sudah memakai part RCB turun di arena kontes. Sampai di buat kelas sendiri yaitu “The best RCB’.

“Bukan hanya kali ini saja kita sebagai penyelenggara menyediakan kelas khusus yaitu The Best RCB. Kontes-kontes sebelumnya juga ada kelas khusus The Best RCB. Karena di Manado sudah tidak terhitung lagi banyaknya motor kontes yang memakai part RCB, minimal untuk sistem pengeremannya.

“Dan jangan heran kalau di Manado maupun di Makasar, juga di beberapa daerah lainnya. Sudah lahir istilah RCB Lover’s buat mereka yang suka modif dengan menggunakan part RCB,”ungkap Julio selaku pananggung jawab kontes pada event kali ini.

Bukan hanya di bumi Manado saja gelaran kontes modifikasi motor yang rata-rata untuk peserta kontesnya sudah banyak yang memakai part RCB. Seperti kontes modifikasi yang sering di gelar di Kota Malang, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Jogja, Bandung, Bogor hingga seputaran Jabodetabek. Sudah banyak pula motor-motor gacoan kontes yang memakai part RCB terutama untuk bagian pengeremannya.

Penasarankan soal apa saja poduk RCB untuk brake system atau bagian pengereman ? RCB sudah menyiapkan mulai dari master brake pump S1 14-17 mm, E2 14mm, E3 12,7 mm. Kemudian ada pula master brake pump S1 cable only dan master brake pump E2 cable only. Sedang untuk rem belakang RCB juga mengeluarkan satu produk yaitu brake pump S1 ukuran 14-17 mm.

Sebagian dari part RCB untuk mengupgrade kinerja sekaligus mempercanti sistem pengereman

Sedang untuk caliper-nya sendiri, RCB juga mengeluarkan beberapa model mulai dari caliper S1, S2, S3 dan ada pula S2 rear atau untuk belakang. Sedangkan untuk brake house atau selang minyak remnya ada beberapa ukuran mulai 480 mm sampai 2100. RCB melengkapi pula dengan disc atau cakram yaitu Disc S-Series (F) 298mm juga Disc S-Series(F) 245 mm. Istimewa !!! tim

Facebook Comments

You May Also Like