Terjawab ! Ini 2 Fakta Unik Kenapa Balap Sumatera Cup Prix (SCP) Menjadi Panutan dan Inspirasi Promotor Lain

BeritaBalap.com-Judul diatas adalah pertanyaan strategis dan kritis yang menarik diinvestigasi. Ini soal impact atau akibat positif balap Sumatera Cup Prix (SCP) yang kemudian menjadi role model atau panutan sekaligus inspirasi bagi promotor penyelenggara lain. Ada semangat dan motivasi kuat untuk membuat hajatan yang mendekati, menyamai atau bahkan melebihi pentas SCP yang notabene dilahirkan duo aktornya, Mawan Dragon dan Aris Sandro.

BACA (JUGA) : Jadi Sponsor Utama Final SCP 2022 Jambi, Dodiyanto IRC : Puas Dan Meriah Seperti Pesta Rakyat

Bahkan disebut bahwa Sulawesi Cup Race yang akan hadir dan lahir tahun ini adalah berangkat dari semangat kerennya SCP 2023 yang makin membumi. Maklum saja, SCP 2023 disupport media-media yang selama ini datang dan hadir langsung di semua pentas balap nasional. Bukan yang pilih-pilih ! Media-media yang newsnya paling banyak menghantam dunia media sosial. Maksudnya Berita Balap, Balap Motor dan Oto Info plus tim Youtubenya masing-masing.

koizumi

“Balap SCP itu tidak ada lawan, Mang. Imagenya dapat banget. Mulai dari promosi awal, kemasan di hari H hingga pasca event. Semuanya terstruktur rapi, termasuk komunikasi intens dengan para sponsor, “tutur Dodiyanto selaku Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk yang merupakan produsen Ban IRC. Anyway, IRC Tire menjadi sponsor utama sejak awal hadirnya SCP (2017).

BACA (JUGA) : Wow Eksklusif ! Bos Gear Set SSS Ungkap Siap Lanjutkan Sponsor Balap SCP 2023

Saat Dodiyanto IRC (tengah) diapit Mawan Dragon (topi merah) dan Aris Sandro (kanan)

Lebih lanjut, ada 2 fakta unik yang perlu diketahui dan dipahami hingga penyelenggaraan SCP itu menjadi role model ataupun inspirasi pelaksana event balap lainnya.

Pertama, bukan soal kedekatan Mawan Dragon dan Aris Sandro dengan para sponsor terkait. Itu lumrah dan manusiawi. Tetapi bagaimana mereka memanjakan sponsor dalam berbagai hal. Tali silaturahmi bukan hanya dijaga tetapi juga dipupuk hingga tumbuh subur. Memanjang dan melebar. Konstruksinya makin kuat. Tidak tergoyahkan. Konteks ini yang membuat para sponsor tetap setia. Haqul yakin untuk mengatakan kerjasama berlanjut 2023.

“Kalau saya ibaratkan, apa yang dilakukan teman-teman SCP itu seperti yang dilakukan sebuah gelaran balap pabrikan di tanah air beberapa tahun lalu sebelum vakum (maksudnya one make race Honda, red). Dimana kita sebagai sponsor begitu diapresiasi. Bukan hanya promo yang optimal, juga sejak kedatangan yang dijemput, dihantar ke hotel dan berbagai fasilitas lainnya. Ini yang spesialnya, “ujar Rio Tan selaku manager Racing dari PT. Enwan Multi Partindo (N1) selaku distributor produk RCB, UMA Racing, Proliner dan R9.

RCB menjadi sponsor penting, bahkan tidak hanya SCP 2022, juga SDC 2022 (dragbike)

Fakta kedua, upaya produser dan sutradara SCP menyalakan unsur kedaerahan dalam membangun sebuah komunitas eksklusif dengan sponsor. Kita sebut saja ethnosentrisme yang positif. Catatan penulis, Mawan Dragon dan Aris Sando mampu memunculkan dan membangkitkan rasa kedaerahan untuk memajukan balap di Pulau Sumatera pada khususnya.

Secara tersirat mereka membuat aktor tertentu untuk bangun dari tidur, membuka mata dan kemudian ambil bagian dalam berempati. Banyak sponsor-sponsor penting yang punya korelasi signifikan dengan Pulau Sumatera. Tidak perlu disebut namanya, ini variabel penting dalam pelaksanaan SCP. Strategi demikian boleh disimpulkan ampuh.

Sponsor penting dari pengusaha muda Haji Putra Rizky (H.Putra969) yang tidak hanya memiliki tim racing, juga misi berupaya menggairahkan balap Sumatera

Masih dalam konteks yang sama, adapula sisi kepintaran person-person SCP dalam membangun komunikasi dengan sponsor terkait.  Siapa lagi kalau bukan Mawan Dragon dan Aris Sandro. Mereka seperti melepas baju dan down to earth untuk melayani. Bukan gaya-gayaan dan merasa hebat.

Mereka juga piawai beradaptasi dengan berbagai karakter pribadi sponsor. Sabar dan tawakal sambil bernapas dan bergerak. Sebesar apapun bongkahan batu yang menghalangi aliran air, jika terus dialiri lebih deras dari berbagai sisi, maka batu tersebut akan ikut terhanyut dan aliran air menjadi tidak terhambat. Dalam teori psikologi, mereka memahami arti skala pengukuran sikap setiap individu. BB1

Jadual Seri SCP 2023 : 

Facebook Comments

You May Also Like