Terlihat Beda Banget di Tes Sepang ! Ini Evolusi Buntut Honda RC213V dan Aprilia RS-GP ?

BeritaBalap.com-Menarik ketika mencermati tampilan buntut pacuan MotoGP yang mengikuti test shakedown (1-2 Februari) di Sirkuit Sepang Malaysia. Jadi ini pengujian yang diperuntukkan buat test rider alias penguji dan rookie MotoGP 2024. Dalam hal ini, Pedro Acosta yang menjadi satu-satunya pendatang baru MotoGP 2024.

Kembali ke bahasan awal, Bagian aerodinamika menjadi perhatian serius, salah satunya adalah bentuk buntut motor yang tidak seperti biasanya. Demikian bisa dicermati pada kudabesi Honda RC213V dan Aprilia RS-GP.

Teknisi pabrikan menguji desain terbaru yang notabene sebelumnya sudah diujicoba di terowongan angin, dievaluasi dan kembali masuk wind-tunnel. Trial dan error pasti terjadi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sambil menunggu batas waktu yang ditetapkan.

koizumi

BACA (JUGA) : Waduh, Bos Besar Ducati Kasih Peringatan Keras Buat Marquez ! Soal Apa ?

Yang pasti, langkah homologasi paket aerodinamika akan diputuskan pada Hari Kamis jelang seri 1 MotoGP 2024 di trek Losail, Qatar. Makanya pabrikan memanfaatkan secara serius kesempatan dalam test shakedown ataupun nanti saat pengujian pembalap reguler (6-8 Februari).

BACA (JUGA) : Bos KTM Sebut Motornya Seperti Roket Setelah Libatkan Ahli Aerodinamika F1 Adrian Newey

Penampilan buntut Honda RC213V begitu nyeleneh. Sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Disebut sirip Stegosaurus yang merupakan hewa purba pada ratusan juta tahun lalu. Model beginian mirip dengan kepunyaan Ducati.

Pada sisi lain, bentuk ekor dari Aprilia RS-GP juga tampak tidak seperti biasanya. Bahkan ada sayap kecil di bagian belakang. Diklaim terinspirasi dari sirip ala mobil Cadillac.

BACA (JUGA) : Jangan Kaget ! Berikut Data Gaji Mekanik Ataupun Kepala Kru Tim MotoGP

Termasuk pada bagian ekor terlihat dua sekat di bagian kanan-kiri seperti sebuah sayap. Oh ya, ini bukan satu-satunya eksperimen pada Aprilia RS-GP, juga di lengan ayun terdapat cangkang karbon yang menutupi sebagian besar roda belakang. Kita tunggu saja ya perkembangannya lebih lanjut. Apakah model beginian pada akhirnya akan dipakai atau berubah lagi. BB1

Facebook Comments

You May Also Like