Ternyata Malaysia Pernah Buat Motor WorldSBK (Petronas FP1) Hingga 500 Milyar, Gagalkah ?


BeritaBalap.com-Menolak lupa, bahwa perusahaan minyak nasional dari Malaysia, yaitu Petronas pernah berambisi serius membuat motor balap superbike (WorldSBK). Namanya Petronas F1. Bisa dicek di result WorldSBK  2003-2006, ada nama motor tersebut.

Konstruksi mesinnya 3 silinder dengan bekerjasama dengan pemilik tim balap F1 yang asal Swiss, Peter Sauber dan berlanjut pada Suter yang mengambil alih dan akhirnya teknisi Italia, Ricardo. Disebut pada awalnya untuk MotoGP namun kemudian berubah menjadi WorldSBK.

BACA (JUGA) : Mau Ikut MotoGP, Ini Biayanya..?


Dana yang dikucurkan hingga 30 juta euro atau sekitar Rp. 500 milyar. Angka yang fantastis namun ini memang dilakukan dalam konteks promosi Petronas. Infonya, motor ini tidak pernah dijual untuk umum namun disetujui dan diproduksi dalam jumlah yang cukup.

Saat balap WorldSBK, motor FP1 ini dikomandoi Carl Fogarty sebagai bos tim, kemudian ada pembalap Troy Corser (2003-2004). Pernah meraih dua kali posisi pole-position dan podium di Misano (2004). Kemudian berubah A Notman dan S Martin (2005). BB1

Facebook Comments

You May Also Like