Tes Ride Yamaha XSR 155 Bojonegoro : Tampilan Sport Retro Dengan Tekhnologi Modern

BeritaBalap.com – Penulis mendapat kesempatan untuk menjajal langsung Yamaha XSR 155 dari PT Surya Timur Surabaya Sakti (STSJ) main dealer Yamaha Jatim, meski tergolong bukan produk baru tapi penulis penasaran dengan performa Yamaha XSR 155 yang bertampang retro.

Untuk itu, penulis mengajak Yamaha XSR 155 menuju ke kota Bojonegoro untuk melakukan tes saat digunakan untuk perjalanan jarak jauh, tentunya medan yang dilalui lebih beragam ketimbang dilakukan di dalam kota.

Menariknya lagi Yamaha menawarkan sesuatu yang berbeda Yamaha XSR 155 bisa dibilang motor retro modern, dengan kelengkapan yang juga modern.

koizumi

Karena basis motor ini adalah Yamaha MT-15, motor naked bike 150 cc yang memang punya fitur dan kelengkapan paling canggih saat ini. CHR

BACA (JUGA) : Yamaha STSJ Berikan Edukasi Bagi Lady Biker Jawa Timur !

Tampilan Retro Modern

Desain
Gaya desain diturunkan dari Yamaha XSR 700 dan XSR 900, namun pada XSR 155 ini punya dimensi yang paling kecil menyesuaikan kapasitas mesin. Tampilan retro modern kental terlihat pada sosok XSR 155 ini. Yup, motor dengan tampilan retro, tapi punya teknologi yang sudah modern.

Aksen serba bulat yang jadi ciri khas motor retro, terdapat dibanyak bagian, misal lampu depan tapi sudah LED dengan dilengkapi DRL juga. Kemudian tangki dengan lekukan halus ala tangki tear drop, yang ternyata hanya cover plastik yang membungkus tangki asli.

BACA (JUGA) : Pererat Hubungan, Yamaha STSJ Adakan Regional Community Gathering Di NTB

Panel bodi samping juga memberi kesan modern dengan logo XSR dan panel plat warna perak yang punya 3 buah lubang bulat. Jok rata, panjang dan tipis dengan garis-garis ala roti tawar juga jadi ciri khas sebuah motor yang punya tampilan retro.

Sasis deltabox yang sangat terlihat kembali memberi kesan XSR 155 adalah motor modern, belum lagi tampilan mesin dengan radiatornya. Maklum, basis XSR 155 ini mencomot dari Yamaha MT-15 yang dibedakan pada bagian sub frame, agar buritan bisa lebih rata.

Makanya bagian kaki-kaki seperti kedua suspensi dan pelek, pakai jenis dan model yang sama dengan naked bike termahal Yamaha itu.

BACA (JUGA) : Yamaha STSJ Gelar Safety Riding Awal Tahun Peringatkan Pentingnya Safety Gear

Kaki Kaki tetap Nyaman Digunakan Perjalanan Jarak Jauh

Fitur & Teknologi
Konsep retro modern yang diterapkan Yamaha, selain dari tampilan juga bisa dilihat dari kelengkapan motor itu sendiri. Lampu depan dan belakang sudah LED, dengan bentuk bulat. Kemudian panel instrumen bulat yang enggak terlalu besar, tapi sudah digital.

Panel instrumen dengan nyala negatif display ini juga punya informasi lengkap, dengan 2 buah tombol untuk mengganti-ganti informasi yang ditampilkan.

Isinya ada spidometer, takometer, posisi gigi, odometer, tripmeter, average speed, average fuel, fuel trip, indikator VVA dan fuel meter. Tingat kecerahan layar panel instrumen juga bisa diatur-atur sesuai kondisi cahaya yang ada, dengan 3 tingkat kecerahan. Canggihkan?

BACA (JUGA) : Yamaha STSJ Berikan Tips Untuk Cegah Helm Anti Bau

Kemudian area kaki-kaki, jika motor retro biasanya pakai pelek jari-jari, maka XSR 155 sudah pakai pelek casting wheel yang kental unsur modern. Pelek ini dibungkus ban IRC Trail Winner dengan pola tapak dual purpose berukuran 110/70-17 dan 140/70-17.

Sebagai penopang roda, area depan pakai suspensi upside down yang dilabur kelir hitam. Pengereman sudah cakram 2 piston. Sedangkan roda belakang ditopang lengan ayun alumunium yang kekar, dipadukan rem cakram piston tunggal.

Jok Tipis Tapi Empuk

Riding Position & Handling
Karena pakai basis dari Yamaha MT15, posisi berkendara dari XSR 155 ini terasa sporty. Posisi badan membungkuk dan pijakan kaki tinggi dan mundur. Membungkuknya badan karena posisi setang XSR 155 enggak terlalu tinggi tapi lebar, sehingga membuat tangan harus membuka saat memegang setang.

Lalu dengan tinggi jok 810 mm, buat rider berpostur 172 cm kaki bisa menapak dengan sempurna, namun busa jok terasa empuk meski terlihat tipis. Karakter suspensi pun persis Yamaha MT-15, terasa sporty membuat motor lincah dan stabil melibas tikungan serta melaju dengan kecepatan tinggi.

Berkat penggunaan ban dengan ukuran besar, traksi roda terasa lebih maksimal dan menggigit, bikin pede lewat jalan kering maupun basah. Pengereman pun mantap, kedua rem cakram di kedua roda sudah jaminan.

BACA (JUGA) : Yamaha STSJ Ajak Konsumen Fazio Keliling Suroboyo !!

Mesinnya punya spesifikasi 4-tak, 155 cc SOHC 4 katup pendingin cairan

Performa
Gelar sebagai motor retro modern 150 cc tercanggih semakin pantas saat mengintip spesifikasi mesin Yamaha XSR155 ini. Mesinnya punya spesifikasi 4-tak, 155 cc SOHC 4 katup pendingin cairan, serta sudah dilengkapi dengan katup variable VVA untuk menjamin performa.

Transmisi 6 percepatan dipadu assist & slipper clutch memiliki klaim tenaga 19 dk/10.000 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm/8.500 rpm. Handel kopling terasa ringan ditarik, jadi memudahkan pengendara saat di kemacetan. Belum lagi suara mesinnya terdengar cukup halus.

BACA (JUGA) : Momentum Ramadhan, Yamaha Jatim Ajak Konsumen WR 155 Ngabuburit !!

Berkat disematkannyakatup VVA (variable valve actuation), performa mesin sejak putaran bawah tengah sampai atas, terasa stabil. Karakter tenaga lebih merata, bikin XSR 155 asyik untuk berakselerasi cepat, hingga menyentuh limiter mesin yang dipatok diangka 10.500 rpm.

Akselerasi pun terbilang cepat, dengan waktu 3,9 detik saja untuk mencapai kecepatan 60 km/jam dari posisi diam.

Lampu Depan Modern LED

Data Spesifikasi
Dimensi
P x L x T : 12.007 x 804 x 1.080 mm
Sumbu roda : 1.330 mm
Jarak terendah : 170 mm
Berat isi : 134 kg
Kapasitas tangki : 10,4 liter

Mesin
Tipe : 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan, VVA
Diameter x langkah : 58 x 58,7mm
Kapasitas mesin : 155 cc
Daya maksimum : 19,1 dk/10.000 rpm
Torsi maksimum : 14,7 Nm/8.500 rpm
Transmisi : manual 6 speed
Sistem bahan bakar : injeksi

Kaki-Kaki Depan
Suspensi : Upside down
Ban : 110/70-17
Rem : cakram

Kaki-Kaki Belakang
Suspensi : monosok
Ban : 140/70-17
Rem : Cakram

Facebook Comments

You May Also Like