Tim MotoGP 2019 : Tanpa Pedrosa, Ada 4 Rookie

BeritaBalap.com-Bagaimana gambaran peta kekuatan MotoGP 2019 ? Ini yang menarik dimengerti. Terutama bagi yang belum mengerti atau sedikit mengulang bagi yang sudah paham. MotoGP 2019 akan diisi oleh 4 rookie atau pendatang baru. Mulai Miguel Oliveira yang akan bergabung di tim Tech KTM, kemudian Joan Mir di pasukan Suzuki, lanjut Francesco Bagnaia di tim Pramac Ducati dan Fabio Quartararo (SIC Petronas Yamaha).

Kemudian Dani Pedrosa akan meninggalkan MotoGP setelah berkompetisi selama 13 tahun.  Pedrosa akan menjadi test-rider KTM bersama dengan Mika Kallio. Bagaimana pula dengan perpindahan yang lain ? Jorge Lorenzo sudah memastikan kontraknya selama 2 tahun (2019-2020) dengan Repsol Honda, Andrea Iannone ke Aprilia Racing Team Gresini, Franco Morbidelli berpindah ke SIC Petronas Yamaha. Jadi berduet dengan Quartararo.

Pasukan Tech3 pastinya sudah memilih KTM sebagai pemasok mesin setelah bekerjasama dengan Yamaha selama kurun waktu 20 tahun. Red Bull akan menjadi sponsor utamanya. Disebut mereka akan menggunakan desain motor ataupun wearpack yang mirip dengan tim Scuderia Toro Rosso.

Oh ya, sehubungan pergantian sponsor tim, maka Yamaha tidak bersama Movistar lagi setelah 5 tahun bersama. Digantikan oleh Monster. Sercara umum, personil pembalap akan berkurang setelah Marc VDS menyatakan tidak balap MotoGP lagi. Lebih fokus ke Moto2 saja yang memang lebih murah.

Total 22 petarung dari 11 tim yang akan bersaing. Soal kursi lowong kuota Marc VDS ini infonya dipersiapkan Dorna untuk tim balapnya Valentino Rossi yang akan masuk level MotoGP tahun 2021 dengan proyeksi Bagnaia dan Morbidelli. Ini memang sudah ditunggu untuk menggairahkan balap MotoGP.

Mengacu pada formasi MotoGP 2019, maka pabrikan Honda kehilangan satu tim pelanggan dan hanya bertumpu pada LCR Honda, sedangkan Ducati melepas Aspar yang jatahnya diambil SIC Petronas Yamaha. Kabar terakhir sehubungan skuad MotoGP 2019, bahwa Karel Abraham bergabung di Avintia Ducati menggantikan Xavier Simeon. Ducati diback-up 2 pasukan satelit, Avintia dan Pramac. BB1

11 Tim MotoGP 2019 :
Repsol-Honda : Marc Márquez, Jorge Lorenzo
Monsterr Yamaha : Valentino Rossi, Maverick Vinales
Ducati Corse : Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci
Red Bull KTM : Johann Zarco, Pol Espargaró
Aprilia Gresini : Aleix Espargaró, Andrea Iannone
Suzuki Ecstar : Alex Rins, Joan Mir
Pramac Ducati : Jack Miller, Francesco Bagnaia
LCR Honda : Cal Crutchlow, Takaaki Nakagami
Real Avintia Ducati : Tito Rabat, Karel Abraham
Red Bull Tech3 KTM : Miguel Oliveira, Hafizh Syahrin
Petronas SIC Yamaha : Franco Morbidelli, Fabio Quartararo

Facebook Comments

You May Also Like