Alat Ini Dipakai Untuk Uji Winglet Motor MotoGP, Alat Apakah Gerangan?

BeritaBalap.com – Berkembangnya teknologi aerodinamik pada fairing membuat desain winglet kian menonjol. Bahkan dimensinya bisa lebih lebar dari setang motor. Untuk melakukan pengukuran satu persatu jelas akan makan waktu.

Namun musim 2020 nanti, penggunaan winglet akan dibatasi, apalagi winglet flexible yang digadang-gadang akan menjadi solusi berikutnya bagi pabrikan untuk memaksimalkan aerodinamika.

BACA (JUGA) : Musim 2020 Winglet Fleksibel Dilarang

koizumi

Seperti diketahui bahwa aerodinamika merupakan sector dengan budget cukup besar jika terus dikembangkan. Untuk itu FIM Technical Director akan memberikan regulasi ketat penggunaan part aerodinamika musim 2020 nanti.

Selain batasan ketat, FIM juga akan membuat regulasi bagian mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. Dimensinya pun akan dibuatkan aturan khusus untuk membatasi winglet tidak menonjol.

BACA (JUGA) : Winglet Swingarm Seperti Ducati Tahun Depan Wajib Dihomologasi

Oleh sebab itu Danny Aldridge selaku FIM Technical Director memiliki siasat jitu untuk mengukur lebar bagian winglet yang menonjol. Yakni dengan menggunakan kotak aluminium. Ukuran kotak ini memiliki skala 1:1 sehingga seukuran dengan dimensi motor MotoGP.

BACA (JUGA) : Bukan Winglet, Tapi Perangkat Ini Sangat Membantu Rider Saat Engine Braking

Nah, untuk itu motor harus bisa masuk ke dalam kotak ini agar dinyatakan bahwa winglet yang digunakan legal. Jika tidak masuk, artinya winglet terlalu lebar dan bisa membahayakan rider lain. Trik jitu dan efisien. WIC

Facebook Comments

You May Also Like