Aneh !!! MotoGP Silverstone Batal Tapi F1 Bisa Digelar 2 Seri, Ada Apa Ini ?


BeritaBalap.com-Dorna Sports sudah resmi mengumumkan bahwa MotoGP 2020 Silverstone Inggris dibatalkan alias tidak jadi digelar tanggal 30 Agustus nanti. Sungguh sangat disayangkan ya. Mleset dari perkiraan Dorna yang mana ingin balapan di Benua Eropa saja dan Silverstone sebagai salah satu kandidat setelah putaran Jerman, Belanda dan Finlandia membatalkan sebelumnya .

Nah, ada yang menarik, ternyata untuk balap Formula One (F1) di Silverstone tetap dipentaskan. Tidak dibatalkan. Bahkan siap menghadirkan 2 seri, yaitu tanggal 2 dan 9 Agustus. Jadi 2 minggu berturut-turut. Ada apa ini ? Kok F1 oke tetapi MotoGP batal. Konteks ini yang coba dijelaskan oleh Stuart Pringle selaku Direktur Pelaksana Silverstone.

BACA (JUGA) : Resmi ! MotoGP 2020 Silverstone Inggris Dan Phillip Island Australia Batal


Ternyata berhubungan dengan basecamp atau markas tim-tim F1 yang sebagian besar ada di Inggris. Bahwa 7 dari 10 tim F1 itu berada di Inggris. Hanya Ferrari, Alfa Romeo dan AlphaTauri (Faenza) yang bukan berada di Inggris.

Beda dengan MotoGP yang datang dari beberapa negara. Bahkan dari 83 tim MotoGP, Moto2 dan Moto3 tidak ada yang berbasecamp di Inggris. Alhasil, proses pengaturan ataupun pemerikasaan sehubungan Covid-19 lebih efektif dan efisien, juga tidak memakan waktu.

BACA (JUGA) : Efek Covid-19, Ini Aturan Baru Untuk Jumlah Mesin MotoGP, Moto2 Dan Moto3 (2020)

“Di Formula 1, kami secara aktif mempengaruhi pemerintah dan telah diakui bahwa mereka menciptakan pengujian yang sangat luas dan menyeluruh dengan biaya yang sangat besar. Ini akan memberikan bukti yang diperlukan bahwa orang tidak berisiko dan jelas tidak masuk akal bagi MotoGP untuk melakukan semua ini untuk sebuah balapan. Berbeda signifikan dari F1 yang melakukan perjalanan dari basis tim masing-masing di negara ini, “terang Stuart Pringle.

“Apa yang menjadi keunggulan kami di Formula 1 adalah kerugian kami di MotoGP karena setiap orang memiliki markas di luar Inggris Raya. Kami dapat menemukan perjanjian Formula 1 yang memuaskan semua orang. Sejujurnya, kami bahkan tidak sampai ke titik ini dengan Dorna karena itu tidak realistis di tingkat operasional. Balapan di balik pintu tertutup tidak berfungsi bagi kami jika kami tidak dapat menjual tiket, “tambah Stuart Pringle.

Pastinya pula, Liberty Media selaku pemegang Hak Ekslusif penyelenggaraan F1 kasih duit subsidi yang spesial kepada promotor lokal. Ini bukan rahasia umum lagi karena pernah disebut pengelola Sirkuit Misano bahwa mereka siap melaksanakan F1, sedang untuk MotoGP harus bernegosiasi dahulu dengan Dorna sehubungan nilai upeti yang diberikan. BB1

TONTON VIDEO Tentang 9 Artis Seksi Yang Pernah Berpacaran Dengan Valentino Rossi : 

Facebook Comments

You May Also Like