Apakah Potensi Veda Ega Pratama Terhambat Regulasi 2023 FIM Soal Usia 16 Tahun Rider JuniorGP ?

BeritaBalap.com-Pembalap binaan Astra Honda Motor (AHM) Veda Ega Pratama sudah memastikan gelar juara Asia Talent Cup 2023 (ATC 2023). Oh ya, usianya Veda Ega Pratama sebentar lagi (23 Nov 2023) menginjak umur 15 tahun. Tinggal 1 hari saat tulisan ini dibuat.

BACA (JUGA) : Apakah Ada Team Order Di Tim Ducati Agar Pecco Raih Juara Dunia Di Valencia ?

Lebih lanjut, hadir pertanyaan kritis, bagaimana dengan proyeksi racer asal Gunungkidul Yogyakarta tersebut untuk musim depan 2024 ? Pertanyaan ini mengemuka ketika melihat regulasi baru 2023 FIM yang menetapkan bahwa starter balap FIM Junior GP adalah minimal berumur 16 tahun. Bisa dicek ya peraturannya di bawah tulisan ini.

koizumi

Jadi itu tadi dihitung setelah perayaan Ulang Tahun. Jadi kalau belum Ulang Tahun, berarti belum genap usianya. Alhasil, ketika kompetisi FIM JuniorGP tahun depan (2024) berlangsung, maka Veda Ega Pratama masih dianggap 15 tahun dan belum mencukupi. Baru bisa memulainya tahun depannya lagi (2025).

BACA (JUGA) : Sungguh Sedih Pengakuan Giannantonio, Jos Di Akhir Seri Tapi Tidak Punya Tim MotoGP 2024

FIM dan Dorna juga menetapkan bahwa untuk masuk balap Moto3 wajib berusia 18 tahun. Ada pengecualian ketika racer tersebut dapat meraih juara umum FIM JuniorGP yang juga batas minimalnya dinaikkan menjadi 16 tahun (sejak 2023).

Demikian aturan ini hadir ketika beberapa waktu lalu terjadi banyak insiden yang menyebabkan beberapa pembalap muda belia meninggal dunia. Dianggap belum matang secara psikologis dan skill balap. Dalam sebuah kesempatan, Marc Marquez (Repsol Honda) sangat menyetujui aturan baru 2023 soal usia saat balap Moto3 yang wajib 18 tahun.

BACA (JUGA) : Curhatan Jorge Martin Soal Masalah Motornya Hingga Hanya Finish Ke-10 Saja

“Memang benar bahwa kecenderungan saat ini adalah berpikir bahwa jika kamu tidak berada di MotoGP pada usia 20 tahun, maka kamu bukanlah pembalap yang baik. Tapi bukan itu cara kerjanya. Beberapa pembalap membutuhkan lebih banyak waktu dan yang lainnya lebih sedikit”.

“Mengubah usia minimum berarti semua orang masih akan sedikit lebih siap pada akhirnya. Semua orang akan menjadi lebih dewasa. Itu wajar untuk membuat kesalahan yang berbeda tergantung pada apakah kamu berusia 15, 18, atau 22 tahun. Tapi setidaknya jika kamu datang ke balapan dengan lebih banyak pengalaman dan menjadi lebih dewasa, itu  bisa lebih baik, “terang Marc Marquez.  Kita tunggu saja ya perkembangannya lebih lanjut. Semoga Veda Ega Pratama mendapat previllege. BB1

Regulasi Terbaru FIM JuniorGP (Berlaku Sejak 2023) :

 

Facebook Comments

You May Also Like