Aturan Usia Minimal Pembalap Moto3 Akan Ditetapkan 18 Tahun ? Efek Sering Crash dan Beberapa Meninggal Dunia

BeritaBalap.com-Sedang dalam pembicaraan pihak terkait sehubungan peningkatan batasan usia untuk menjadi pembalap Moto3. Jadi mulai tahun 2023 akan dibatasi minimal berusia 18 tahun.

BACA (JUGA) : Profil David Alonso (15 Tahun) Rider Termuda Moto3 Misano, Jawara Rookies Cup 2021

Dalam hal ini, keputusan tersebut mengacu pada psikologis pembalap yang lebih matang, kedewasaan perilaku dan pengalamannya di dunia balapan.

koizumi

Tentu saja, pembahasan tersebut mengacu pada seringnya crash pada balapan Moto3 yang sudah merenggut jiwa atau meninggalnya beberapa rider. Mulai Jason Dupasquier dan Hugo Millan di balap Moto3 ataupun Dean Berta Vinales di WorldSSP300. Yang disebut terakhir masih berumur 15 tahun.

BACA (JUGA) : Profil Izan Guevara (17 Tahun), Rookie Yang Jawara Moto3 Austin

Kondisi demikian yang kemudian ditanggapi oleh dua rider MotoGP, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Racing).

“Usia 18 tahun untuk tsampai di Moto3? Wow…! Saya tidak tahu harus berkata apa. Jika mereka melakukannya, itu karena mereka yakin akan lebih aman, ”ujar Fabio Quartararo.

BACA (JUGA) : Serem ! Ini Video Penyelamatan Rider Moto2 Pengguna NHK Helmet Tim Pertamina Mandalika

“Jika melihat Fabio di usia 22 tahun, dia bisa menjadi juara dunia MotoGP tahun ini. Tidak banyak yang berada di level itu pada usia ini. Banyak pembalap membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk belajar. 18 tahun sebagai usia awal untuk Moto3 agak terlambat karena ada juga pebalap yang sudah sangat kuat di usia 17 tahun, ”terang Johann Zarco.

“Namun secara umum, menurut saya masuk akal untuk memberi para pembalap sedikit lebih banyak waktu untuk belajar, karena tidak ada yang harus terburu-buru. Saya tidak mengatakan itu karena saya berusia 31 tahun. Saya juga juara dunia pada usia 25 tahun. Ada baiknya kita melindungi anak-anak kita. Kecelakaan serius harus dihindari, jadi bukan ide yang buruk untuk menaikkan sedikit batas usia sedikit, “tambah Johann Zarco. BB1

Facebook Comments

You May Also Like