Edan ! Top Speed Pecah Lagi di MotoGP Mugello, Sudah Tembus 366,1 Km/Jam

BeritaBalap.com-Pecah lagi top speed atau kecepatan puncak di Sirkuit Mugello Italia yang punya panjang lintasan lurus 1141 meter. Yap, terjadi dalam sesi sprint race atau balapan pendek, Sabtu (10 Juni).

BACA (JUGA) : Nakagami Tuntut Masa Depannya Jelas Sekitar Juli-Agustus, Lanjut Atau Dilepas

Brad Binder yang membesut KTM RC16 menorehkan top speed 366,1 Km/Jam. Edan ya hampir menyentuh 370 Km/Jam. Jadi KTM ya, bukan tradisi Ducati yang selama ini sering melakukannya. Bisa jadi pula rekor tersebut bisa pecah lagi saat balapan utama Minggu (11 Juni).

koizumi

Adapun rekor top speed sebelumnya dicetak tahun 2022 lalu oleh Jorge Martin (Pramac Racing) yang menembus angka 363,6 Km/Jam. Itu dicetak saat race di Mugello Italia, tepatnya di lap ke-2 setelah melakukan trik slip streaming atau mengikuti pembalap didepannya untuk mengurangi hambatan angin.

BACA (JUGA) : KTM Sedang Pusing Karena Pedro Acosta Akan Putuskan Sendiri Masa Depannya, Kemana ?

Oh ya, angka 363,6 Km/Jam tersebut diatas adalah memecahkan rekor 2021 sebelumnya di Doha Qatar yang menorehkan 362,4 Km/Jam oleh Johann Zarco (Pramac Racing) dan catatan top speed yang sama oleh Brad Binder (Red Bull KTM) di Mugello Italia.

Sekilas informasi saja, Dani Pedrosa pernah memegang rekor top speed 349,3 Km/Jam yang cukup lama. Ini diukir tahun 2009 di lintasan Mugello. Baru 5 tahun dapat dipecahkan Andrea Inanone menjadi 349,6 Km/Jam, juga di Mugello.

Seterusnya mengalami peningkatan, misal Marc Marquez (350 Km/jam di Doha 2015) dan di tahun yang sama Iannone torehkan 354,9 Km/Jam.  Inipun terus dipertajam dan dipertajam. Adapun untuk pemenang MotoGP 2022 Mugello adalah Francesco Bagnaia ‘Pecco’ diikuti Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro. BB1

Data Top Speed :

Hasil Sprint Race Mugello :

Facebook Comments

You May Also Like