Hanya VR46 Riders Academy dan KTM Yang Sukses Pembinaan, Honda dan Ducati Belum Terwujud

BeritaBalap.com-Dapat disimpulkan kalau dalam konteks pembinaan pembalap muda potensial, maka hanya ada 2 nama yang berhasil sampai dengan saat ini. Itu mengacu pada balap MotoGP, Moto2 dan Moto3.  Siapa 2 nama itu ? Adalah VR46 Riders Academy dan KTM.

Sekilas informasi saja, saat ini ada 4 petarung binaan VR46 Riders Academy yang bersaing di MotoGP. Ada 2 racer di tim pabrikan berbeda, ialah Francesco Bagnaia (Lenovo Ducati) dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamah) dan dua lagi di tim satelit Mooney VR46 Racing Team (Luca Marini dan Marco Bezzecchi). Yang spesial, mereka ini sebagian besar bernagkat dari Moto3 ataupun Moto2 di tim Sky Racing Team VR46,

Sedangkan 4 pelaga MotoGP from KTM adalah juga murni binaan mereka. Itu adalah Brad Binder dan Miguel Oliveira di tim utama, sedangkan dua lagi adalah Remy Gardner dan Raul Fernandez. Mereka semua berangkat dari Moto2 ataupun Moto3 ataupun CEV Moto3 dan Rookies Cup yang notabene sudah ada sejak tahun 2007.

BACA (JUGA) : Quartararo Dapat Tambahan Sponsor Pribadi ‘Fantom’, Apa Itu ?

koizumi

Diantaranya yang menjadi alumni KTM Rookies Cup yang wajib dengan pacuan KTM adalah Johann Zarco, Lorenzo Savadori, Danny Kent, Lorenzo Baldassarri, Stefano Manzi, Fabio Di Giannantonio, Joan Mir, Jorge Martin, Xavier Artigas dan lainnya. Termasuk juara dunia Moto3 yang saat ini melangkah ke Moto2, Pedro Acosta.

Bagaimana dengan Ducati dan Honda. Ducati memang tidak identik dengan pembinaan karena mereka tidak konsen di balap Moto2 ataupun Moto3, termasuk CEV. Petarung Ducati seperti Bagnaia, Luca Marini dan Bezzecchi adalah binaan VR46 Riders Academy.

BACA (JUGA) : Bos Ducati Sebut Ada 1 Pembalap Masa Lalu Yang Setara VR46, Siapa ?

Sedangkan Honda sebetulnya konsen dalam pembinaan dini, bahkan sudah berjalan dalam pagelaran Asia Talent Cup sejak 2014. Tetapi belum juga ada yang terlihat talenta berbakat.  Walaupun ada penunggang Honda yang juara dunia Moto3 tetapi bukan bernagkat dari Talent Cup ataupun naungan Honda Team Asia.

Tahun ini Honda mengandalkan Ai Ogura (usia 21 tahun) di level Moto2.  Pastinya, mereka sedang mencari penerus Nakagami yang memang sudah akan berusia 30 tahun. Prestasi Nakagami juga tidak terlalu spesial, belum pernah podium juara di level MotoGP.  BB1

Facebook Comments

You May Also Like