Ini Jupiter Karbu Jawara Bebek 130 cc Dragbike SCDC 2019 Palu Sulteng

BeritaBalap.com-Mengingat karakter trek STQ Palu, Sulawesi Tengah dimana dari garis start hingga jarak 140 meter permukaannya menurun, kemudian sisanya sedikit menanjak, maka mekanik Sugiono asal Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan meracik ulang perbandingan final gear motor.

Lihat saja tuh, tuner kemana-mana bawa gir, sampai ke area waiting zone pun dibawa.Hasilnya mengejutkan, Muh. Hamzah Amin yang membela tim Experiment DN Group Jagung Rebus 49 Tojo Una-Una podium tertinggi kelas Bebek 130 cc Tune Up Open dalam event SCDC 2019 Palu, Minggu kemarin (30 Juni). Wow mantap !

Tim Experiment DN Group Jagung Rebus 49 Tojo Una-Una podium tertinggi kelas Bebek 130 cc Tune Up Open event SCDC 2019 Palu

Lebih lanjut, yuk kita selami garis besar korekan mesin berbasic Jupiter ini (5TP). Untuk perbandingkan rasio gigi 1 di set-up ulang di angka 14-38, kemudian persneling 2 dengan hitungan 18-31, lanjut percepatan ke-3 yang  diplot 19-26 dan rasio 4 pada rumusan 24/27. Nah, rasio ini berujung pada final gear depan 13, sedang belakangnya 34.

Itu diklaim sudah sangat efektif. Secara logika, memang sulit mengejar dua karakter sekaligus. Dalam artian, jika tenaga atasnya dapat, maka bawahnya drop. Begitu juga sebaliknya. Terpenting ada keseimbangan. Misal fokus RPM atas, maka power bawah dinaikkan atau solusi rider yang lebih berani saat momen start.

BACA (JUGA) : Hasil Juara Dan Juara Umum Swallow Sulawesi Cup Dragbike Championship 2019 Palu

Pada sisi lain, kiliker yang beralamat di Jl. Sultan Hasanudin No 15 Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan ini juga menyebut bahwa untuk ukuran dragbike yang lurus saja, kompresi tidak perlu terlalu tinggi cukup diangka 13.8 : 1 dengan bahan bakar Pertamax Turbo.

Karburator UMA Racing 30 mm

Urusan pensuplai bahan bakar dan udara ke ruang bakar dipercaya pada Karburator UMA 30 dengan ukuran pilot jet dan main jet masing-masing 115 dan 62. Yes, itu karbu memiliki kelebihannya tentu sudah 30 mm. Segi cetakannya halus dari basis Keihin. Juga memiliki power-jet yang mengoptimalkan semprotan dalam momen RPM tinggi.

Lagian juga mekanik tidak perlu susah-susah mereamer karbu lagi. Kalau yang reamer sudah pasti larinya ke tukang bubut, kepresisiannya dan daya tahannya dinding karbunya juga diragukan. Sebab tidak semua tukang bubut punya keahlian yang sama untuk mereamer karbu yang akurat. Oke, selamat ya atas prestasinya ! D 14 N

Facebook Comments

You May Also Like