Jadual MotoGP 2021 Berubah Lagi Karena Seri Argentina dan Texas Belum Jelas ?

BeritaBalap.com-Pentas MotoGP 2021 siap digelar. Mulainya pertengahan Februari ini dilakukan pengujian di Sepang Malaysia (19-21 Februari) dan tes lanjutan serta seri perdana akhir Maret di trek Losail Qatar.

Terus tanggal 18 April dihelat di Benua Amerika. Nah, masalah penting ada di putaran Amerika, ialah jatah Argentina dan Texas USA. Sampai dengan saat ini belum ada kepastian dan kemungkinan besar dibatalkan.

Aturannya memang 90 hari sebelum balapan, maka Dorna Sports meminta kepastian penyelenggara lokal. “Kami harus menunggu dan melihat apa yang dikatakan oleh masing-masing penyelenggara setidaknya 90 hari sebelum acara mereka, “tegas Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports yang dilansir media Speedweek.com.

koizumi

BACA (JUGA) : Ternyata Suspensi Ohlins Sudah 14 Tahun Ini Juara Dunia MotoGP, Dominan Dibanding Showa Dan Kayaba

Sekilas informasi saja, Argentina dan USA menggelar MotoGP masing-masing sejak tahun 2014 dan 2013. Menjadi paket ganda sejak musim 2014, karena jika hanya berjalan 1 seri saja di Benua Amerika, maka biayanya relatif mahal bagi Dorna Sports.

Kembali ke bahasan awal menyangkut belum jelasnya seri Argentina dan USA. Demikian kenyataan masalahnya seiring pendemi Covid-19 ataupun tahapan vaksinasi yang sedang dilakukan.

Kabarnya juga, sedang dilakukan negosiasi dengan otoritas setempat untuk dapat menghadirkan penonton dalam jumlah tertentu. By the way, kalau bicara Qatar memang sudah terbiasa tidak perlu banyak penonton. Orang-orang kaya di Qatar dijamin berani membayar Dorna.

BACA (JUGA) : Serunya Rookie Moto2 Tahun Ini, Ada 5 Teratas Moto3 (2020), Dari FIM CEV Dan Superbike USA

Mengacu pada hal tersebut, maka diprediksi kuat akan ada perubahan jadual MotoGP 2021 dari yang sudah disosialisasikan sebelumnya.

Bahwa seri Qatar akan dibuat 2 kali sebagai pengganti putaran Amerika yang kemungkinan besar batal. Planningnya 4 April untuk Qatar ke-2. Itu wacana yang sedang hangat namun memang belum diumumkan Dorna secara resmi. Kemudian sebagai pengganti 1 jatah Amerika lainnya ialah Portimao Portugal tanggal 25 April. BB1

Kemungkinan Perubahan Jadual MotoGP 2021 :

28 Maret: Doha / Q *
04 April: Doha / *
25 April: Portimão / P ***
02 Mei Jerez / E
16 Mei. Le Mans / F
30 Mei: Mugello / I
6 Juni: Barcelona / E
20 Juni: Sachsenring / D
27 Juni Assen / NL
11 Juli: KymiRing / F **
18 Juli: Igora Drive / RUS ***
15 Agustus: Red Bull Ring / A
29 Agustus: Silverstone / GB
12 September: Aragón / E
19 September: Misano / I
03 Oktober: Motegi / J
10 Oktober: Buriram / TH
24 Oktober: Phillip Islandia / AUS
31 Oktober: Sepang / MAL
14 November: Valencia / E

*      Balapan malam
**    Sirkuit masih menunggu homologasi
***  Belum ada kontrak yang ditandatangani

Facebook Comments

You May Also Like