Jika Tidak Juga Podium, Apakah Honda Mendapat Hak Konsesi (2021) ?

BeritaBalap.com-Menjadi pertanyaan menarik, apakah jika nantinya Honda tidak mendapatkan satu kali podium pun di musim MotoGP 2020 ini, maka akan mendapat hak konsesi di tahun 2021 ?

Bagi yang belum paham, hak konsesi itu semacam hak istimewa yang diberikan kepada tim MotoGP yang belum beroleh podium. Misal soal jumlah mesin, jumlah wild-card yang lebih banyak ataupun waktu test yang dibebaskan. Tahun ini diberikan kepada Aprilia dan KTM.

BACA (JUGA) : Nakagami Bantah Crutchlow Yang Sebut Honda RC213V 2019 Lebih Baik


Intinya, buat membangun keseimbangan dalam kompetisi. Kita kembali ke soal Honda tadi ya. Ternyata sesuai dengan aturan yang disepakati di masa lockdown lalu dalam pendemi Covid-19, bahwa tidak ada pemberian konsesi di tahun 2021.

Yang ada, hanya penghilangan seperti yang nantinya akan diberikan kepada KTM yang sudah merebut 2 kali podium juara saat putaran Brno, Ceko dan Styria, Austria.

BACA (JUGA) : Gaya Balapnya Sama, Tapi Ada Perbedaan Sifat Lorenzo Dan Quartararo, Apa Ya ?

Begini bunyi pernyataan peserta dalam pertemuan asosiasi pabrikan (mSMA) yang dilansir media Motorsport.com : “Dalam kondisi normal, pabrikan yang tidak mendapatkan podium selama 1 musim berhak untuk memanfaatkan konsesi.”

“Namun, selama lockdown, dan dalam pertemuan yang diadakan antara tim dan MSMA, kesepakatan dicapai bahwa, jika ada tim yang tidak memenangkan podium, situasinya tidak akan berubah. Itu adalah keputusan yang bulat, jadi tidak ada tim yang bisa mendapatkannya, tapi mereka bisa hilang hak konsesi jika ada hasil yang positif, seperti kasus KTM.” BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like