Kalah Dari YZF-R3 Galang Hendra, Kawasaki Riset Serius Ninja 400 di Terowongan-Angin Belanda

BeritaBalap.com-Pihak Kawasaki Eropa langsung responsif atas kemenangan pacuan Yamaha YZF-R3 Galang Hendra Pratama saat balap WorldSSP300 Ceko (10 Juni). Pebalap tanah air binaan Yamaha Indonesia tersebut terbukti memberi kemenangan pertama bagi penunggang YZF-R3 yang notabene kalah kubikasi silinder. Bahkan secara data, kalah pula dalam pencapaian kecepatan puncak atau top speed.

Baca (juga) : WSSP300 Ceko : Walau Kalah Top Speed, Galang Hendra Hantar YZF-R3 Podium Juara

Dalam konteks ini, mereka langsung melakukan riset dan pengujian serius Ninja 400 pada wind-tunnel atau terowongan angin milik perusahaan NLR di Marknesse (timur laut Amsterdam). Disebut dengan fokus pada pengujian unsur aerodinamika Ninja 400 yang dioptimalkan.

koizumi

Langkah ini diklaim sebagai prioritas utama Kawasaki dengan penanggung-jawabnya langsung adalah Bos Kawasaki Eropa, Fabian Raulo. “Tidak seperti di MotoGP, kami memiliki sedikit ruang untuk perbaikan dalam Kejuaraan Dunia Supersport 300. Mengingat perubahan aturan, kami harus berpikir tentang bagaimana membuat Ninja kami lebih kompetitif, “terang Raulo.

“Perbaikan kecil dapat memiliki dampak positif. Sebagai contoh, mengurangi penahan sebesar 10%, maka akan memiliki efek yang sama dengan mengurangi berat badan sebesar 10 kg pada kecepatan 180 km/jam, “tambah Raulo. Mengacu pada klasemen sementara WorldSSP300 memang Ninja 400 berlaku dominan selama ini.

Tapi perjalanan masih panjang. Semua bisa saja terjadi. Perfoma YZF-R3 terbukti spesial dalam melahap berbagai handycap tikungan. Terlebih dengan dukungan skill Galang Hendra yang mengusung tim Yamaha Pata Semakin Di Depan Biblion MotoX Racing. Ingat pula, pundi poin Galang Hendra di urutan ke-8 klasemen sementara hanya berbeda 15 nilai dari posisi ke-2 (Borja Sanchez).

Adapun seri lanjutan WorldSSP300 akan dihelat di trek Misano Italia pada tanggal 8 Juli nanti. Disini akan menjadi pembuktian dari hasil riset aeronya Ninja 400 tersebut. “Sejak awal, saya memiliki ide bagus dimana saya ingin bekerja. Dalam hal aerodinamika, selalu ada kejutan, baik atau buruk. Jadi pengujian sangat penting. Beberapa hasilnya seperti yang diharapkan ; yang lain sangat efisien dan beberapa sangat buruk,”tambah Raulo. BB1

Facebook Comments

You May Also Like