Kepala Mekaniknya Morbidelli Justru Sebut Quartararo Pembalap Tercepat di Tikungan

BeritaBalap.com-Chief engineer atau kepala mekaniknya Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT), yaitu Ramon Forcada mencermati perfoma M1 saat ini.

Disebut oleh mekanik senior ini bahwa teknisi Jepang terus berupaya meningkatkan performance Yamaha saat masuk dan keluar tikungan. Artinya sejak momen pengereman, kemudian engine-brakes dan akselerasi.

BACA (JUGA) : 2 Keputusan Penting Di Mugello, Tim VR46 Ke Yamaha/Ducati ? Dovizioso Gabung Aprilia ?


Menurutnya, Yamaha wajib kuat di area tersebut karena memang sudah kalah dalam pencapaian top speed atau kecepatan puncak. Kalahnya sekira 10 km/jam, utamanya dari Ducati GP21.

Pada sisi lain, Forcada juga menyebut bahwa bukan Morbidelli yang tercepat dalam melahap tikungan. Lalu siapa ? Menurut pendapatnya adalah Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dengan gaya balapnya yang spesial.

BACA (JUGA) : Retaknya Hubungan Marc Marquez Dan Pol Espargaro, Apa Buktinya ?

“Motor M1 tanpa tenaga yang besar dan karenanya tanpa akselerasi yang hebat, selalu lebih baik dengan trek yang bebas. Jika pembalap ‘mengorbankan‘ garis balap yang wajib dilalui, maka akan sulit bagi untuk memulihkannya saat dalam tikungan keluar,”terang Ramon Forcada yang sudah berusia 63 tahun dan sudah melakoni lebih dari 500 kali balapan.

BACA (JUGA) : Bagnaia Pecco Membela VR46, Setelah Tes Jerez Akan Kompetitif

“Saat ini, Quartararo adalah pembalap Yamaha tercepat di tikungan, bahkan lebih cepat dari Jorge Lorenzo. Menikung itu tidak semuanya bergantung pada kinerja ban, ”tambah Ramon Forcada yang pernah mengawal Jorge Lorenzo, Maverick Vinales dan lainnya. BB1

Klasemen Sementara MotoGP :

Facebook Comments

You May Also Like