Marquez Jajal Rem Belakang Model Matik Selama FP1 Dan FP2 Di MotoGP Malaysia

BeritaBalap.com – Selama FP1 dan FP2 MotoGP Malaysia, Marc Marquez mencoba rem belakang yang dipindah ke bagian tangan. Tujuannya agar memiliki cornering speed tinggi jika berbelok kanan. Tuas rem tambahan tersebut diletakan di atas tuas kopling RC213V pacuannya.

Memang selama ini Marc Marquez mengeluhkan bahwa kecepatan saat belok kanan lebih lambat dibanding saat sedang rebah belok kiri.

“Dalam keadaan normal, saya sangat cepat jika sedang belok kiri, tapi saat belok kanan saya memang cepat, tapi tidak sanat cepat (seperti belok kiri). Itulah kami mencoba sesuatu dan mencari kelebihannya (tuas rem belakang tangan). Untuk saat ini memang baru pertama kali mencoba,” jelas Marc Marquez.

koizumi

BACA (JUGA) : Hot News, Quartararo Akan Dapat Motor Factory Musim 2020
BACA (JUGA) : Rossi : Setelah Valencia 2020, Saya Ucapkan Selamat Tinggal MotoGP

Memang sebelumnya Marc Marquez pernah menggunakan rem belakang yang dioperasikan menggunakan jempol (thumb brake) seperti kebanyakan rider lain, namun menurut Marc itu sangat tidak efektif.

“Dulu, kami pernah mencoba thumb brake (rem belakang jempol), tapi saya tidak menyukainya. Saya perlu merasakan pengereman melalui tuas dan itu jauh lebih mudah digunakan (dibanding thumb brake),” lanjutnya.

Dengan rem belakang model tuas seperti motor matik, Marc Marquez berharap bisa memiliki tambahan speed saat belok kanan. Sebab ketika belok kanan, telapak kaki cenderung jauh dari pedal rem belakang dan sulit digapai.

Untuk sementara ini uji coba rear brake lever (rem belakang tuas model matik) ini belum sesuai harapan Marc Marquez.

“Saat ini mungkin belum siap dan besok (hari ini) saya akan kembali pakai rem belakang normal (pakai kaki). Kemarin adalah percobaan awal, jika di masa depan rem itu bisa digunakan, tentu aka nada potensi besar. Untuk saat ini potensi nyatanya belum terlihat,” tutup Marquez yang sempat keteter di FP1 dan FP2 ini. WIC

Facebook Comments

You May Also Like