Perang Kenyamanan Suspensi Makin Seru 2023, Kayaba dan Kotix Lebih Populer di Trek ?

BeritaBalap.com-Perang kenyamanan. Itu kalimat yang tepat dalam melihat dan menganalisa pertempuran suspensi di trek balap dalam 1-2 tahun belakangan. Perfoma mesin dianggap tidak banyak berubah. Anggap saja seputar 29-34 HP (tergantung mesin dyno, red). Soal mesin yang diklaim tidak banyak berubah signifikan, itu kata mekanik Leon Chandra by Racetech yang motor garapannya paling banyak di starting grid Kejurnas OnePrix 2022 ataupun 2023, juga dominan juara di berbagai region (Kejurnas MotoPrix 2022).

BACA (JUGA) : Kenapa Afi ART Jogja Yang Naik Expert Fix Balap OnePrix Padahal Sebelumnya Diplot MotoPrix Dulu ?

“Saat ini memang lebih tepatnya disebut perang kenyamanan suspensi. Kalau soal mesin, saya pikir tidak banyak berubah dalam beberapa tahun belakangan. Lagian, percuma juga jor-joran tenaga ataupun torsi kalau sulit dikendalikan, “tukas Leon Chandra yang dalam berbagai motor garapannya juga terdapat beberapa produk. Misal Kayaba ataupun PSD.

koizumi

Ada semacam kesimpulan di dunia balap nasional. Bahwa pembalap yang selama ini kurang oke, tetapi ketika naik motor MX King by Racetech dapat menjadi spesial karena merasa nyaman sekali saat menghajar beberapa model tikungan. Lebih stabil. Power dan torsi dipergunakan efektif. Handling mudah dalam puluhan lap, fisik juga tidak terkuras banyak. So, ini semua karena intensitas tinggi dalam set-up suspensi masing-masing pembalap.

BACA (JUGA) : Ini Formasi Trio Rookie ART Jogja 2023 ? Veda Idealnya Naik Pemula Seperti Ramadhipa

Nah. catatan penulis, ada 2 produk ataupun merek sebuah jasa upgrade suspensi yang populer di dunia balap nasional. Apakah itu ? Pertama, adalah Kayaba yang memang banyak diaplikasi tim-tim terbaik karena memang ini produk profesional yang selalu menghadirkan orang-orang yang ahlinya dalam setiap gelaran balap untuk memberikan supporting teknis. Misal di tim Yamaha Aben Racing ataupun PARD Manahadap.

Hal kedua adalah Kotix Suspension from Tangerang. Kalau ini adalah jasa meningkatkan perfoma suspensi. Jadi silahkan saja dirimu pilih produk tertentu sesuai dengan keinginan hati dan jiwa ataupun karena bagian dari sponsor.

Ini yang kemudian akan dipermak oleh teman-teman Kotix Suspension yang dijamin membalikkan kinerjanya menjadi jauh lebih baik. Lebih aduhai rasanya. Genjotannya empuk. Terasa sekali nikmatnya. Didesain sesuai keinginan hasrat rider berdasarkan evaluasi di lapangan. Beberapa produk yang ditingkatkan kerjanya oleh rekan-rekan Kotix Suspension seperti  dari merek RCB, Racing Bros, VND Racing dan lain-lain.

Jasa peningkatan kinerja suspensi by Kotix Suspension yang semakin populer di dunia balap nasional

Ingat pula, Reynaldi Pradana yang juara nasional Kejurnas OnePrix 2022 level seeded (OP1) menggunakan suspensi VND yang disentuh spesial oleh Kotix Suspension.

Oh ya, itu yang jadi juru kuncinya Kotix Suspension yang orangnya tinggi-kurus dan kerap nongkorong di paddock tim Astra Motor Racing Team Yogyakarta (ART Jogja). Penulis lupa namanya, kalau nggak salah Yohan. Padahal pernah ngobrol sebentar. Someday, biar lebih akrab mungkin kita jalan bareng dengan mekanik Mlethiz MBKW2 Jogja ya. He he he he.. BB1

Facebook Comments

You May Also Like