Perdebatan MotoGP ! Belum Ada Aturan Minimal Bobot Gabungan Motor dan Rider

BeritaBalap.com-Bagi yang belum paham, di balap MotoGP itu tidak ada aturan berat minimal gabungan antara motor dan pembalap. Kalau di superbike sudah ada. Di MotoGP, yang ada adalah berat minimal motor prototype tersebut (157 kg). Bukan bobot gabungan antara motor dan rider. Paham ya sampai disini.

BACA (JUGA) : Apakah Bos Tim Yamaha Yakin M1 Bisa Saingi Ducati Tahun Depan ?

Padahal dalam suatu kesempatan, Jack Miller (Ducati Lenovo) menyebut bahwa ia kalah akselerasi dan top speed dari Enea Bastianini (Gresini Racing) yang lebih ringan 10 pounds atau sekira 4,5 kg. Konteks inipun diakui oleh Luca Marini yang notabene punya tinggi badan 184 cm.

koizumi

“Memang lebih sulit di MotoGP. Saya mencoba untuk lebih ketat dengan latihan dan dengan diet saya. Karena tidak ada berat minimum, ada juga selisih 10 kg antara saya dan pebalap Ducati lainnya. Bahkan jika kami memiliki banyak tenaga, itu banyak berubah, pertama-tama menyangkut perilaku motor, juga seberapa banyak kamu membebani ban, ”terang Luca Marini.

BACA (JUGA) : Marquez Beri Pesan Keras Pertama Kalinya Buat Mir Dan Rins Yang Naik Honda Musim Depan

Yang pasti, kalau di Moto2 dan Moto3, ada regulasi berat minimal motor dan pengendara yang masing-masing 215 Kg dan 152 Kg. “Di banyak sirkuit, kami melihat dan menganalisis bahwa saya memberi lebih banyak tekanan pada ban karena dengan berat lebih banyak, kamu harus memberi lebih banyak tekanan pada ban untuk berakselerasi dengan cara yang sama.”

BACA (JUGA) : Kembalinya Kejayaan Italia Jika Pecco Juara Dunia ? Terakhir VR46 Tahun 2009

“Saya tidak tahu mengapa mereka (Dorna, red) tidak memperkenalkannya lebih awal. Saya pikir itu akan sangat demokratis. Dan saya pikir berat minimum akan lebih baik untuk semua orang. Saya pernah tanya kenapa tidak ada minimal berat badan. Produsen tidak menginginkannya. Karena mereka tidak mau harus memikirkan dimana harus meletakkan beban ekstra ketika mereka memiliki pembalap  yang lebih kecil karena dapat mempengaruhi penanganan sepeda motor. Saya tidak tahu, tapi mungkin itu akan membuat lebih sulit untuk mengembangkan motor baru. “tambah Luca Marini. BB1

Klasemen Sementara MotoGP : 

Facebook Comments

You May Also Like