Quartararo Puji Toprak Razgatlioglu Tapi Sulit Pindah MotoGP Jika Harus Tim Pabrikan

BeritaBalap.com-Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) memuji penampilan juara dunia superbike (WorldSBK 2021) Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha). Banyak aksi spesial yang dilakukannya dan mendapat apresiasi juara dunia MotoGP 2021 tersebut.

BACA (JUGA) : Ternyata Ini Penyebab KTM Belum Umumkan Pol Espargaro Bergabung 2023

Namun memang disebut oleh Quartararo bahwa berbeda handling atau penanganan motor superbike dan MotoGP yang notabene lebih kaku, termasuk soal power dan torsi yang dihasilkan motor.  Alhasil, sulit menerapkannya di pacuan MotoGP.

koizumi

“Menurut pendapat saya, dia adalah pembalap yang sangat berbakat. Ini jelas dari gaya mengendarainya, bagaimana dia menangani motor pada batasnya. Saya ingat penyelamatannya di Estoril pada tikungan chicane terakhir, saya pikir dia memiliki apa yang diperlukan untuk pindah ke MotoGP, “tutur Fabio Quartararo yang saat ini pimpin klasemen sementara MotoGP 2022.

BACA (JUGA) : Ducati Peringatkan Pembalapnya, Jangan Saling Libas Secara Ekstrim Seperti Dovi-Iannone 2016 !

“Tentu saja ini cerita yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan Superbike. Selama tes Aragon, dia mengetahui bahwa itu adalah motor yang jauh lebih kaku dan lebih sulit untuk dikendara. Jika dia benar-benar termotivasi, dia juga bisa menjadi pembalap yang sangat cepat di MotoGP, “tambah Fabio Quartararo yang berusia 23 tahun dan kontraknya masih akan berlanjut dengan Yamaha hingga akhir tahun 2024.

Namun memang sudah ditekankan dalam berbagai kesempatan, bahwa Toprak Razgatlioglu hanya akan pindah ke balap MotoGP jika berada di tim pabrikan. Jika tim B alias tim satelit, maka lebih baik tetap setia di balap superbike saja.

BACA (JUGA) : Apakah Marc Marquez Bisa Kembali Seperti Sediakala Setelah Operasi Ke-4 ?

Yang pasti, untuk tahun depan (2023) tidak ada peluang. Yamaha juga tidak punya tim satelit (2023) pasca WithU RNF pindah ke lain hati (Aprilia). Bisa saja terjadi Toprak masuk pabrikan Yamaha tahun 2024 jika memang prestasi Franco Morbidelli tidak memuaskan manajemen Yamaha.

“Satu hal yang jelas, bahwa pada tahun 2024, kami dapat berbicara dengan semua pabrikan dan semua tim MotoGP. Jika Toprak pindah ke paddock MotoGP, maka tidak dengan tim B tetapi eksklusif dengan tim pabrikan. Kalau tidak, dia tetap di balap dunia Superbike. Saya hanya menempatkan pembalap saya di tim pabrikan, “tukas Kenan Sofuoglu selaku manajer pribadinya Toprak Razgatlioglu. BB1 

Klasemen Sementara MotoGP :

 

Facebook Comments

You May Also Like