Yamaha Akan Adopsi Teknologi V4 Yakni External Flywheel Di M1 2020, Part Apa?

BeritaBalap.com – Aprilia sudah memutuskan akan menggunakan mesin V4 terbaru dengan sudut lebar. Konon memakai sudut 90 derajat seperti milik Honda, Ducati dan KTM. Namun yang terpenting adaah bahwa semua pabrikanmengadopsi flywheel pada mesin.

BACA (JUGA) : Siapa 3 Pembalap MotoGP Terbaik Dalam Pengereman ?

Yamaha akan mulai memikirkan penggunaan external flywheel seperti Ducati, Honda dan Aprilia, harapannya saat testing bisa melakukan uji coba penggantian part tersebut.

Lantas apa sebenarnya flywheel tersebut? Di mobil flywheel disebut sebagai roda gila. Fungsinya sebagai tambahan moment inersia agar torsi bisa lebih besar. Di mobil, flywheel juga sekaligus sebagai penghubung kopling. Artinya kampas kopling akan menempel pada flywheel untuk menyalurkan tenaga ke transmisi.

Ducati adopsi external flywheel yang tertutup fairing

Di MotoGP, flywheel sepenuhnya adalah komponen bebas, tidak terhubung dengan komponen lain seperti halnya pada mobil. Walau demikian, fungsinya sama, yakni menambah moment inertia pada mesin untuk menghasilkan torsi.

BACA (JUGA) : Cal Crutchlow Bocorkan Filosofi Pabrikan Honda, Ducati Dan Yamaha, Seperti Apa?

Seluruh pabrikan sudah mengadopsi part ini. namun sistemnya ada yang di dalam dan ada yang luar. Istilah tekniknya adalah internal flywheel dan external flywheel.

Ducati pernah uji coba flywheel berbahan carbon

Nah, rata-rata semua pabrikan mengadopsi system external flywheel dengan harapan bisa diganti-ganti bobot flywheel menyesuaikan kebutuhan saat tes.

Flywheel ini tidak dapat diganti selama musim balap jika sudah dihomologasi oleh Dorna. Jadi selama tes itulah pabrikan akan menentukan bobot flywheel yang dibutuhkan untuk mengakomodir seluruh sirkuit selama semusim.

BACA (JUGA) : Kenapa Penggemar Rossi Selalu Paling Banyak Walaupun Sudah Jarang Podium ?

Uniknya selama ini, Yamaha masih mengadopsi internal flywheel, sehingga sangat membuang waktu jika harus bolak-balik ganti flywheel.

Untuk itulah, Yamaha berencana akan mengadopsi teknologi V4 soal flywheel, yakni external flywheel yang sangat memungkinkan digonta-ganti selama testing.

Karena Yamaha pernah sekali melakukan kesalahan dengan mengadopsi flywheel terlalu ringan di M1 2017. Sehingga mengadopsi external flywheel sangat dibutuhkan untuk mencari set-up terbaik dari bobot flywheel. WIC

Facebook Comments

You May Also Like