Seri MotoGP Akan Lebih Banyak di USA Dibanding Spanyol Karena Pemilik Saham Mayoritas ?

BeritaBalap.com-Para pengusaha asal USA yang tergabung dalam Liberty Media berhasil membeli saham mayoritas MotoGP sebesar 86 persen. Itu bernilai 4,2 miliar euro atau sekira 71,8 triliun.

Sisanya yang 14 persen masih milik Dorna Sports yang notabene masih diberikan kepercayaan untuk memegang kendali musim 2024 ini. Mengingat memang semuanya sudah berjalan. Anyway, pembelian MotoGP ini melengkapi penguasaan Liberty Media atas balap Formula One (F1). Mereka semua yang pegang dan kendalikan.

Secara logika sederhana, tentu saja Liberty Media punya kepentingan dengan pembelian MotoGP. Salah satu konteks yang menarik adalah membawa balap MotoGP lebih dikenal dan lebih dekat dengan masyarakat USA.

koizumi

BACA (JUGA) : Cek Fakta, MotoGP Dibeli Pemilik F1 Tapi Dorna Sports Tetap Jalankan, Bosnya Tetap Carmelo Ezpeleta

Nah, konsekuensi logisnya adalah dengan penambahan seri MotoGP di USA yang dipastikan akan dapat menambah jumlah sponsor besar, terutama asal USA yang mau masuk. Selama ini memang MotoGP cukup 1 putaran hadir di USA, tepatnya di trek COTA, Austin, Texas.

Sebagai gambaran saja, saat F1 dibeli pertama oleh Liberty Media memang baru 1 putaran disana. Namun kemudian seiring berjalan waktu menjadi 3 seri. Mulai Miami, kemudian COTA Texas dan Las Vegas. Bisa jadi kondisi demikian yang akan berlaku sama dengan MotoGP dalam tahun-tahun kedepan. Bisa pula Spanyol tidak menjadi prioritas lagi sebagai efek pergantian pemilik saham mayoritas tersebut.

BACA (JUGA) : Quartararo Di Persimpangan, Pilih Motor Kompetitif 2025 Atau Duit Gaji Besar ?

“Seri MotoGP saat ini hanya memiliki 1 balapan di Amerika Serikat, itu situasi yang sama dengan F1 ketika kita baru mendapatkannya (tahun 2017, red), “tegas Greg Maffei selaku CEO Liberty Media.

BACA (JUGA) : Bos BMW Sedang Negosiasi Dengan Dorna Buat Turun MotoGP 2027 ? Kenapa Tahun Segitu ?

“Saya tidak bisa mengatakan dengan pasti bahwa kita akan memiliki 3 peluang, tetapi tentunya di seluruh dunia secara geografis terdapat banyak peluang, saat ini ada 12 peluang di Eropa saja, kami akan mencoba mengevaluasi semua peluang ini tanpa meningkatkan peluang jumlah balapan lebih banyak lagi, “tambah Greg Maffei yang dikutip dari Motosan. BB1

Facebook Comments

You May Also Like