Berapa Milyar Biaya Balap Galang Hendra Pratama Dalam WorldSSP600 ?

BeritaBalap.com-Galang Hendra Pratama dipastikan siap bertarung di balap dunia Supersports 600, disebut juga WorldSSP. Ini menjadi bagian dalam hajatan superbike dunia (WorldSBK 2020). Petarung asal Yogyakarta usia 20 tahun tersebut akan bergabung di tim Yamaha MS Racing yang notabene bermarkas di Spanyol.

Galang, sapaan akrabnya siap berdut dengan Andy Verdoia yang berasal dari Perancis. Pastinya, mereka akan membesut pacuan Yamaha YZF-R6. Menjadi pertanyaan menarik, sehubungan berapa duit yang harus dikeluarkan atau dibayarkan Yamaha Indonesia untuk memproyeksikan Galang Hendra dalam WorldSSP ?

BACA (JUGA) : Siap Balap Supersports Dunia (WorldSSP), Galang Hendra Tampak Makin Berotot !

Oh ya, Galang Hendra dan Andy Verdoia terlibat dalam proyek bLU cRU yang notabene dibawah penanganan Yamaha Motor Eropa. Lebih lanjut sehubungan biaya, maka prediksi penulis untuk 1 musim kompetisi WorldSSP dibutuhkan target biaya sekitar 300-350 ribu euro atau sekitar Rp. 4,5 hingga 5,4 Milyar.

Itu setoran untuk satu pembalap. Mengapa muncul angka tersebut ? Demikian mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh tim Bardahl Evan Bros Yamaha yang menyebutkan bahwa mereka tidak hanya bicara talenta atau skill balap. Bukan itu yang utama, juga harus kasih setoran kisaran 280-300 ribu euro.

BACA (JUGA) : Balap WorldSSP (2020), Ternyata Galang Hendra Rider Kedua Setelah Doni Tata (2009)

Konteks ini yang kemudian ditolak oleh runner-up WorldSSP 2019, yaitu Federico Carcasulo untuk bergabung kembali tahun ini. Sedangkan rekan satu timnya, yaitu Randy Krummenacher memilih pindah ke tim pabrikan MV Agusta bersama kru-krunya. Bardahl Evan Bros Yamaha sendiri baru memastikan nama Andrea Locatelli.

Asumsi hingga 350 ribu euro menyangkut biaya balap WorldSSP Galang Hendra adalah termasuk tambahan biaya lain-lain, misal kepulangan Galang Hendra ke Indonesia yang notabene tiket penerbangannya ditanggung Yamaha Indonesia ataupun biaya hidup saat tinggal disana karena range per-seri WorldSSP yang waktunya relatif dekat.

Sekali lagi ditegaskan, bahwa ini adalah prediksi penulis. Bisa jadi lebih dari itu karena tim Kiefer Racing memasang target total biaya keseluruhan 1 juta euro alias seputar Rp. 15 Milyar untuk 1 musim kompetisi.

Pastinya, adapula pemasukan dari pihak pembalap Andy Verdoia dan berbagai sponsor yang terlibat di MS Racing.  Adapun seri awal WorldSSP akan berlangsung pada 28 Februari-1 Maret di Phillip Island Australia. BB1

Facebook Comments

You May Also Like