Ducati Dipotong 250 RPM Karena Terlalu Kencang di Superbike, Sudah Menang 8 Kali !

BeritaBalap.com-Efek terlalu dominan alias terlalu sering podium juara di balap superbike (WorldSBK), maka perfoma Ducati V4R dikurangi. Alvaro Bautista (Aruba It Racing Ducati) terlalu kencang. Sulit dilawan. Sudah menang 8  kali dari 9 race yang tersaji. Hanya 1 race saja diambil Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha).

BACA (JUGA) : Perdebatan Regulasi MotoGP 2027-2032, Ducati Dan Honda Pengen Mesin Hybrid, 3 Pabrikan Menolak !

Dalam hal ini, mulai seri WorldSBK Catalunya Minggu ini, maka RPM mesinnya disunat atau dipotong. Tentu saja, ini hasil rapat pihak Dorna selaku penyelenggara dan FIM. Mengacu regulasi, ada pemotongan 250 RPM untuk Ducati Panigale V4R.

koizumi

Pada sisi lain, kinerja Kawasaki ZX10RR juga diberikan tambahan RPM250 karena memang faktanya tidak pernah menang. Intinya, pihak Dorna dan FIM ingin membuat aturan yang seimbang hingga kompetisi menjadi lebih menarik. Lebih ketat. Lebih sedap ditonton.

BACA (JUGA) : Toprak Harus Pindah Ke MotoGP, Kenapa ? Ini Alasan Logis Jorge Lorenzo

“Setelah menerima analisis kinerja relatif soal mesin selama 3 putaran pertama musim 2023, maka batas putaran maksimum Ducati akan dikurangi 250 RPM, ini sesuai peraturan pasal 2.4.2.2-3. ”

“Juga mulai akhir pekan ini, Kawasaki telah memilih untuk menggunakan 5 titik konsesi untuk mendapatkan keuntungan dari peningkatan batas putaran 250 RPM sesuai peraturan pasal 2.4.3.3. Batas rev dapat diperbarui (menurut Art. 2.4.2.3) di akhir setiap event ke-3 asalkan setidaknya ada 3 event yang tersisa di musim tersebut, “demikian siaran pers FIM/Dorna. BB1

Klasemen Sementara WorldSBK :

Facebook Comments

You May Also Like