Honda Merasa Ditipu Jorge Lorenzo

BeritaBalap.com – Setelah putus kontrak, Honda sangat tidak berharap Jorge Lorenzo akan pindah ke Yamaha. Bahkan sebuah tulisan di media online membuat sebuah judul Jorge Lorenzo: Apakah pengunduran diri itu hanya label penipuan?” menyruak pasc diumumkannya menjadi tester Yamaha.

Yang makin mengejutkan adalah pada tes MotoGP di Sepang, boss Repsol Honda Team, Alberto Puig pasca dikontrak menjadi tester Yamaha justru di GP Catalunya dijanjikan akan ikut balapan menjadi rider wild card.

BACA (JUGA) : Fakta Unik Yang Membuat Yamaha Pilih Lorenzo Sebagai Tester

koizumi

Honda merasa dicurangi ketika Jorge Lorenzo tidak ingin melanjutkan perpanjangan kontrak tersebut karena dinilai bahwa Honda sangat menghormati keputusan Lorenzo untuk pensiun dini.

Parahnya, Honda cukup ceroboh karena tidak menegosiasikan klausul pemutusan kontrak pengecualian kompetisi dengan Lorenzo ketika kontraknya diputus. Hal itu bisa mencegah Jorge Lorenzo tidak balapan dengan merek lain di musim 2020, baik secara reguler maupun wild card.

BACA (JUGA) : Bos Ducati Akui Jujur Ada Pembicaraan Dengan Vinales, Sebut Pula Suzuki Tertarik !

Honda coba sedikit bijak, “Kita harus melihat situasi ini dengan sederhana. Kami memiliki kontrak 2 tahun dengan Lorenzo hingga akhir 2020. Kami tidak memutus kontrak itu. Tetapi ketika rider datang kepada kami dan mengatakan bahwa ia ingin berhenti, dengan memperhitungkan kondisi fisiknya dan tidak lagi ingin menghadapi risiko cidera, maka kami sangat menghormati keputusan tersebut. Apalagi dia (Jorge Lorenzo) kemudian memberi tahu kami bahwa tidak dapat menemukan perasaan apapun terhadap motor ini (RC213V),” jelas Alberto Puig.

BACA (JUGA) : Kontrak Marquez Belum Juga Diperpanjang, Ini Kata Manajer Tim Repsol Honda

Honda pun fair dengan menerima pengakhiran kerjasama antara HRC dengan Jorge Lorenzo. HRC tidak akan pernah memaksa rider untuk mengemudi jika dia tidak mau. Itu sebabnya kami sepakat di Valencia dan membatalkan kontrak untuk 2020. Pada saat itu, niat jelas Jorge adalah untuk mengakhiri karirnya. Itu sebabnya dia mengadakan konferensi pers,” lanjut Puig.

Apa daya ternyata justru Honda termakan taktik Lorenzo. Alasan pensiun tersebut cukup jitu untuk Honda bisa melepas Jorge Lorenzo di musim 2020 tanpa sedikit pun ada tambahan klausul (tidak diperkenalkan menjadi rider regular atau wildcard di musim 2020) di dokumen pengakhiran kontrak.

1-0 untuk kemenangan Jorge Lorenzo. WIC

Facebook Comments

You May Also Like