Kepala Kru Suzuki Ungkap Perubahan 80 Persen GSX-RR Hingga Joan Mir Jawara Dunia

BeritaBalap.com-Salah satu orang penting dibalik prestasi Joan Mir (Suzuki Ecstar) meraih juara dunia MotoGP 2020 ialah Frankie Charcedi. Doi bergabung dengan Suzuki sejak akhir 2018.

Lebih lanjut, ia menyebutkan bahwa mungkin banyak orang yang terkejut dengan langkah yang dilakukan Suzuki. Ternyata disebutnya bahwa ini semua adalah rencana yang sudah dibuat selama 2 tahun lalu. Jadi jelas dan tegas bukan sebuah kejutan ya tetapi usaha all-out yang dilakukan dalam 2 tahun belakangan.

BACA (JUGA) : Kontrak Monster Energy Ke Tim Suzuki (2021) Sekira 85 Milyar/Tahun ?


“Tahapan yang berlangsung dengan  motor mungkin lebih besar dari yang dibayangkan banyak orang. Itu bukanlah sesuatu yang terjadi dalam setahun. Kami memiliki rencana 2 tahun dan kami benar-benar memberi Joan waktu 6 bulan pada tahun lalu, dimana dia pada dasarnya mengendarai  motor yang sama, ”ucap Frankie Carchedi.

“Setelah itu kami melakukan banyak perubahan akhir pekan demi akhir pekan sehingga dia bisa mengerti apa yang bisa dilakukan motornya. Itu juga berlaku untuk saya karena saya tidak punya pengalaman dengan motor ini. Jadi saya ingin melihat apa yang mungkin juga terjadi, “tambah Frankie Carchedi.

BACA (JUGA) : Pedrosa Belum Deal Kontrak Dengan KTM Padahal Sudah Test 20 Hari Untuk 6 Trek

Lebih lanjut, Frankie Carchedi juga menyebut perubahan penting pada ergonomi yaitu posisi jok pengendara. Pada intinya, disebutnya bahwa perubahan yang terjadi pada Suzuki GSX-RR adalah hingga 80 persen. So, begitu signifikan ya. Begitu drastis.

“Kami kemudian mulai mengubah posisinya. Karena dia tidak mengeluh sekalipun. Tetapi ketika dia mencoba sesuatu, itu langsung menjadi kejutan besar. Kami sekarang berada dalam kisaran dua digit dalam hal posisi pengemudi, itu dari ketinggian tempat duduk hingga setang dan sandaran kaki. ”

“Pendekatan Suzuki adalah memulai dari bagian terakhir yang kamu tinggalkan. Dan kami melakukannya selama musim dingin. Sejak saat itu, kami hanya mengembangkan motor sepotong demi sepotong. ”

“Kami mampu mengembangkan motor baru. Kami menguji di Valencia 12 bulan lalu dibandingkan dengan yang kami lakukan sekarang, sekitar 80 persen diantaranya berbeda. Benar-benar banyak berubah, ”tukas Frankie Carchedi. BB1

 

Facebook Comments

You May Also Like