Lihat Spoiler Aneh KTM Diatas Roda Depan Hingga Terkencang di Tes MotoGP Sepang

BeritaBalap.com-KTM mendominasi pengujian shakedown MotoGP 2024 di Sepang Malaysia (1-2 Februari). Jadi ini test yang diperuntukkan buat penguji pabrikan, kemudian rookie atau pendatang baru MotoGP 2024, termasuk tim Yamaha dan Honda yang memang mendapatkan hak konsesi alias hak istimewa dalam berbagai hal.

Yang menarik adalah paket aerodinamika yang diuji KTM terbaru yang diklaim nyeleneh. Tidak pernah ada sebelumnya dan tidak pernah dipakai tim lainnya. Jadi semacam spoiler yang terlihat menyatu dengan spatbor ban depan. Itu terlihat pada foto utama di bagian atas dimana spoiler depan KTM RC-16 dikasih lingkaran putih.

Diklaim perangkat ini berfungsi meningkatkan downforce atau gaya tekan hingga meningkatkan traksi ban depan dan kemudian diklaim menjadi lebih stabil saat momen masuk dan keluar tikungan. Itu konsep sederhana dari hadirnya spoiler depan pada KTM ini.

koizumi

BACA (JUGA) : Bos KTM Sebut Motornya Seperti Roket Setelah Libatkan Ahli Aerodinamika F1 Adrian Newey

Patut dipahami, KTM menggandeng ahli aerodinamika Formula One (F1) Adrian Newey yang merupakan CEO dari tim F1 Red Bull Racing. Adrian Newey disebut sebagai orang paling jenius di bidang aerodinamika dalam kompetisi F1 dan sudah membuktikan prestasinya menghantar juara dunia di berbagai tim.

BACA (JUGA) : Waduh, Bos Besar Ducati Kasih Peringatan Keras Buat Marquez ! Soal Apa ?

Yang pasti juga, spoiler depan KTM ini belum dipastikan akan dipakai atau tidak dalam MotoGP 2024. Semua menunggu hasil test lanjutan dan kemudian proses homologasi aerodinamika yang dilakukan hari Kamis jelas seri 1 MotoGP 2024 di Losail Qatar pada awal Maret nanti. BB1

Hasil Test Shakedown MotoGP Sepang :

 

Facebook Comments

You May Also Like