Marquez Mencoba Thumb Brake di Tes Jerez Yang Selama Ini Tidak Dipakai, Apa Itu ?

BeritaBalap.com-Marc Marquez (Gresini Racing) melakukan ujicoba penggunaan thumb brake alias rem jempol. Ini dilakukannya dalam rangkaian pengujian di Jerez Spanyol pasca race Minggu lalu (28 April).

Selama ini Marc Marquez diklaim tidak menggunakan perangkat tersebut. Lebih fokus pada adaptasi dengan pacuan GP23 nya. Padahal thumb brake itu begitu penting ketika membesut pacuan Ducati. Ini yang diklaim langsung oleh bos Ducati Davide Tardozzi.

“Marc belum pernah menggunakan thumb brake belakang, padahal kami yakin rem belakang itu penting saat mengendarai Ducati, terutama di fase akselerasi untuk mengendalikan motor, ”ucap Davide Tardozzi selaku manajer tim Ducati yang dikutip dari Skysport.it.

koizumi

“Kami telah memberikan data yang cukup kepada Marc untuk dapat memahami mengapa dan bagaimana menggunakan sepeda motor dengan lebih baik saat akselerasi, ”tambah Davide Tardozzi yang selalu identik dengan ekspresi yang meledak-ledak ketika pembalapnya meraih podium kemenangan.

BACA (JUGA) : Fairing Yamaha M1 Mirip Ducati/KTM Diuji Di Jerez, Hasilnya ? Kapan Dipakai Race ?

Bagi yang belum paham, thumb brake itu posisinya ada di bawah setang sebelah kiri. Ilustrasinya terlihat pada gambar dibawah ini ya.

Posisi thumb brake atau rem jempol pada pacuan Ducati

Pada intinya, juara dunia MotoGP 2019 tersebut sudah masuk dalam wilayah pengerjaan berbagai detail pada pacuan Ducati GP23nya. Ini seiring dengan langkah adaptasi yang sudah berhasil dilakukan.

“Karena pada tahap sebelumnya, saya masih dalam tahap beradaptasi dengan motor, tetapi sekarang kami mencoba berbagai hal dan saya sangat pintar sehubungan apa yang saya butuhkan. Kami membuat langkah kecil tetapi selalu mempelajari beberapa hal, “ujar Marc Marquez yang dikutip dari Crashnet.

BACA (JUGA) : Marc Marquez Ungkap Ada Pembicaraan Dengan Pabrikan, Tim Mana Ya..?

“Saya sekarang mulai sedikit menyesuaikan gaya berkendara saya dan menemukan titik tengah. Tapi saya tahu ada beberapa trek balap dimana saya akan lebih kesulitan, tapi beberapa trek balap kami akan punya potensi yang sangat bagus, ”tambah Marc Marquez yang mengungkapkan bahwa dirinya sudah melakukan pembicaran dengan beberapa tim pabrikan untuk kontrak 2025. Namun memang belum disebut detail karena masih berproses. BB1

Klasemen Sementara MotoGP : 

Facebook Comments

You May Also Like